Pengertian Web Server

In Uncategorized 16044 views

Web server dikenal sebagai sebuah aplikasi server yang melayani permintaan HTTP atau HTTPS dari browser dan mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman-halaman web. Halaman-halaman web yang dikirim oleh web server biasanya berupa file-file HTML dan CSS yang nantinya bakal diparsing atau ditata oleh browser sehingga menjadi halaman-halaman web yang bagus dan tidak sulit dibaca. Web server menggunakan port 80.

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, beberapa program kelas bisnis dijalankan tetapi pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk.

Fungsi utama sebuah server web merupakan untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan. Diakibatkan satu halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi juga untuk mentransfer semua aspek pemberkasan dalam satu halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Saat ini umumnya server web sudah dilengkapi juga dengan mesin penerjemah bahasa skrip yang memungkinkan server web menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan pustaka tambahan seperti PHP, ASP.

router, perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas piranti keras tersebut disediakan kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk.

Langkah-langkah Kerja Web Server

  • Client mengirimkan request ke web server
  • Server menerima request dari client, lalu mengecek apakah permintaan/request dari cient, apakah tersedia atau tidak.
  • Apabila tersedia, data kepada browser akan diirimkan oleh maka web server.
  • Pesan error kepada browser bakal diirimkan oleh apabila permintaan tak ditemukan atau terjadi error maka web server.

Must read×

Top