Mengenal Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan mungkin adalah yang paling asuransi penting untuk memiliki. biaya perawatan kesehatan yang mahal bisa sangat mahal jika Anda tidak diasuransikan. Tidak jarang ada orang yang perlu menjual barang untuk menanggung biaya perawatan di rumah sakit. Anda tidak harus seperti itu untuk memiliki asuransi.

Namun, asuransi kesehatan adalah produk yang cukup rumit untuk memahami karena banyaknya jenis yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Tentu, ketika Anda dapat bingung dengan hal itu.

Asuransi kesehatan di Indonesia saat ini disediakan baik oleh pemerintah maupun swasta. Pemerintah melalui HIP (Asuransi Kesehatan miskin) untuk menjamin biaya pengobatan sampai jumlah tertentu bagi pemegang kartu kesehatan penduduk miskin. PNS juga dibahas biaya perawatan kesehatan oleh Pemerintah melalui PT Askes yang preminya dibayar melalui pemotongan gaji PNS.

Jika Anda tidak miskin dan bukan pegawai negeri, Anda dapat membeli banyak program asuransi komersial yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta nasional dan internasional. Bahkan, PT Askes juga menyediakan program “partisipasi sukarela” untuk karyawan di sektor swasta.

asuransi kesehatan komersial dapat dibeli oleh individu atau kelompok (set). Karena pertimbangan administratif dan risiko, banyak produk asuransi kesehatan hanya dapat dibeli oleh kelompok, bukan individu. Berikut adalah beberapa jenis biaya perawatan kesehatan yang dapat diasuransikan:

1. Rawat Jalan
asuransi rawat jalan untuk menutupi biaya dokter, diagnosis / lab, dan obat-obatan. Biaya yang dikeluarkan biasanya ditentukan oleh batas maksimum untuk masing-masing komponen per kunjungan / per tahun dan frekuensi maksimum kunjungan dalam satu tahun. Pembatasan juga dapat diberlakukan dengan mewajibkan rujukan dokter umum sebelum kunjungan ke dokter spesialis, atau cakupan hanya diberikan jika pelayanan kesehatan dilakukan oleh penyedia layanan (provider) terdaftar.
asuransi rawat jalan biasanya hanya diberikan kepada peserta asuransi kelompok dan manfaat asuransi tambahan rawat inap. (Dengan kata lain, tidak bisa dibeli oleh individu dan harus menjadi satu dengan asuransi rawat inap).

2. Rawat Inap
asuransi rawat inap untuk menutupi biaya rawat inap di rumah sakit, yang meliputi biaya kamar, jasa dokter, obat, laboratorium / penunjang diagnostik, pembedahan, dll Klasifikasi asuransi rawat inap biasanya didasarkan pada ruang kelas, misalnya, dari terendah ruang kelas (kelas III) ke VIP atau VVIP. Untuk setiap kelas, ada batas untuk asuransi maksimum biaya ruang perawatan, biaya obat, operasi, dll Biaya pembedahan sendiri masih akan dibagi dengan minor, sedang atau besar. Jadi, misalnya, orang-orang yang memiliki asuransi rawat inap kelas III akan memiliki biaya operasi besar maksimum yang lebih rendah daripada kelas VIP.
asuransi rawat inap dapat dibeli di set atau secara individu. Khusus untuk asuransi individu, kita bisa memilih apa jenis penggantian asuransi atau tunjangan. penggantian asuransi (asuransi ganti rugi) adalah asuransi yang memberikan penggantian biaya yang kita keluarkan tagihan rumah sakit yang sesuai. manfaat asuransi (cash plan) memberikan tunjangan penghasilan dalam jumlah tertentu untuk setiap hari dirawat di rumah sakit, tidak peduli berapa banyak uang yang kita benar-benar menghabiskan.

3. Asuransi Bersalin (Maternity)
Melahirkan menanggung biaya asuransi kesehatan selama persalinan dan biasanya hanya diberikan kepada sekelompok wanita usia subur dengan jumlah minimum tertentu keanggotaan. Ketika Anda hamil, Anda tidak dapat didaftarkan sebagai peserta asuransi melahirkan. Anda juga tidak bisa membeli asuransi melahirkan secara individual.
Manfaat asuransi melahirkan membedakan antara manfaat operasi caesar dan persalinan normal. Besarnya maksimum biaya ditanggung unt